Pentingnya Pahami Medical Check-Up Secara Rutin

Senin, 26 September 2016 - 22:11 WIB
Pentingnya Pahami Medical Check-Up Secara Rutin
Pentingnya Pahami Medical Check-Up Secara Rutin
A A A
JAKARTA - Medical check-up menjadi sangat penting bagi setiap orang, terutama mereka yang berada dalam usia produktif yang dipadati dengan berbagai aktivitas. Hal itu diungkap Manager Pelayanan Medis RS Evasari Dr Retta Aditta yang official hospital untuk medical check-up dan psikotes para finalis Putri Pariwisata Indonesia 2016.

“Medical check-up itu sangat penting terutama bagi kita yang berada dalam usia produktif sehingga ketika kita bekerja atau pun beraktivitas padat, kita tahu kesiapan fisik kita seperti apa. Jika terjadi ada yang tidak sehat pada tubuh kita, bisa di maintain atau diperbaiki dulu,” ungkap Dr Retta di acara Medical Check-Up Finalis Putri Pariwisata Indonesia 2016 di RS Evasari, Jakarta Minggu, (25/9/2016).

Medical check-up sebenarnya dapat dimulai dari anak-anak berusia balita atau menginjak pendidikan Taman Kanak-Kanak (TK), kemudian di usia produktif, yakni 20-35 tahun, dan hingga usia lanjut.

Soal durasi pasien melakukan medical check-up, Dr Retta mengatakan hal itu tergantung dengan keadaan pasien. “Biasanya untuk anak-anak itu yang dipantau adalah sejauh mana perkembangan dan pertumbuhan si anak. Kalau untuk usia produktif biasanya 20-35 tahun itu kami anjurkan untuk rutin. Lalu yang usia lanjut juga bisa,” bebernya.

“Idealnya untuk para pekerja di usia yang masih di bawah 40 tahun, kami anjurkan dua tahun sekali untuk melakukan medical check-up. Nah, akan tetapi kalau sudah di atas 40 tahun, sebaiknya dilakukan setahun sekali. Semau ini tetap melihat kondisi, aktivitas, dan riwayat kesehatan pasien itu sendiri,” tambahnya.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6709 seconds (0.1#10.140)